0

ROBOT PEMBERSIH : REVOLUSI PEMBERSIH OTOMATIS

Semakin berkembangnya zaman, peran robot mulai sedikit demi sedikit dapat menggantikan tugas manusia tak terkecuali bersih bersih. Sampai saat ini bersih bersih rumah, kantor, dan sebagainya bukanlah sesuatu yang harus di kerjakan langsung oleh manusia. Pembersih otomatis berupa robot bukanlah lagi sebuah angan angan.

Foto oleh Kindel Media

Robot penyedot debu yang biasa di kenal sebagai robot vacum cleaner atau robovac adalah seperangkat barang elektronik yang dapat melakukan pekerjaan rumah seperti membersihkan lantai.

Di lengkapi dengan sensor, sikat dan mekanisme penyedot. Untuk bergerak di sekitar ruangan yang secara efektif mampu menghilangkan debu, kotoran, dan serpihan atau remahan dari permukaan lantai.

Beberapa model memiliki sikat berputar untuk menggerakkan kotoran, sementara yang lain menggunakan penyedot yang kuat untuk mengangkat kotoran atau debu dari lantai. Kotoran yang terkumpul akan di simpan di kotak debu atau wadah yang dapat dengan mudah untuk di bersihkan.

Produsen Robot Vacum Cleaner

Robot vacum cleaner pertama kali di perkenalkan oleh perusahaan jepang bernama iRobot pada tahun 2002 dengan nama “Roomba”. Selain itu, perusahaan yang di dirikan oleh para insinyur dari Massachusetts Institute of Technology atau MIT dengan visi untuk dapat menciptkan robot rumah tangga yang dapat membantu melakukan tugas pembersihan.

Pencetus utama dari Roomba adalah Colin Angle, Helen Greiner, dan Rodney Brooks. Dengan mengembangkan sistem teknologi navigasu yang inovatif dan sistem penyedot debu yang efektif. Mereka dapat menciptakan robot vacum cleaner yang praktis dan efisien.

Prinsip kerja robot vacum cleaner di dasarkan pada kombinasi teknologi navigasi dan sensor yang memungkinkan untuk bergerak secara otomatis di sekitar ruangan.

Selain itu, Sensor-sensor ini meliputi sensor jarak untuk menghindari hambatan. Sensor jatuh untuk mencegah jatuh dari tangga atau ketinggian. Dengan sensor pembaca permukaan lantai untuk menyesuaikan kekuatan penyedotan sesuai jenis lantai yang akan di bersihkan.

Selain itu, robot vacum cleaner juga di lengkapi dengan sistem penyedot debu yang efisien untuk membersihkan lantai. Terdapat sikat dan suction power yang mampu mengumpulkan debu, kotoran, rambut, dan partikel lainnya. Pada beberapa model terdapat pula sikat samping yang bertujuan utnuk membersihkan sudut-sudut yang sulit di jangkau.

Tak hanya sampai di situ, di model tertentu dapat di kendalikan secara remote control menggunakan aplikasi handphone atau bahkan melalui suara dengan asisten virtual.

Gambar oleh Roman Ivanyshyn dari Pixabay

Robot vacum cleaner menawarkan solusi yang nyaman dan menghemat waktu untuk menjaga kebersihan lantai. Dengan kemampuannya untuk bergerak secara mandiri setelah di program. Mereka akan memulai melakukan pekerjaannya dan pada waktu yang telah di jadwalkan bahkan saat tidak ada orang.

Meskipun robot vacum cleaner di rancang untuk menangani pembersihan rutin tetapi mereka tidak cocok untuk tugas pembersihan mendalam atau penanganan serpihan yang besar. Selain itu, beberapa model juga memerlukan pemeliharaan secara berkala, seperti mengongsongkan kotak debu, membersihkan sikat, dan mengganti filter.