0

MITOS : CERITA FANTASI YANG BERTAHAN HINGGA KINI

pada suatu hari
Gambar oleh Fathromi Ramdlon dari Pixabay

Mitos adalah cerita yang berkembang dari waktu ke waktu dan di anggap sebagai bagian dari kebudayaan suatu masyarakat. Mitos biasanya mengandung unsur-unsur fiksi dan kepercayaan yang berkaitan dengan dunia mistis, dewa-dewi, dan makhluk gaib, makhluk mitologis, atau kekuatan gaib seringkali di gunakan untuk menjelaskan kejadian alam yang tidak dapat di pahami, seperti gempa bumi, badai, atau banjir.

Terbentuknya mitos dapat berasal dari berbagai sumber. Salah satu sumbernya adalah cerita rakyat yang di sampaikan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Cerita rakyat biasanya mengandung unsur-unsur kepercayaan dan pengalaman yang di anggap sebagai hal yang suci dan berharga.

Selain itu, mitos juga dapat terbentuk dari kejadian yang tidak dapat di jelaskan secara logis. Kejadian seperti ini seringkali menimbulkan rasa takut dan ketakutan di kalangan masyarakat, sehingga mereka menciptakan cerita dan mitos yang dapat menjelaskan kejadian tersebut.

Terbentuknya Mitos

Mitos dapat terbentuk dari kebudayaan dan kepercayaan suatu masyarakat. Kebudayaan dan kepercayaan tersebut seringkali menjadi sumber inspirasi bagi cerita dan mitos yang di anggap penting bagi kehidupan sehari-hari.

Dalam banyak kasus, mitos juga dapat di pengaruhi oleh peristiwa sejarah dan kejadian alam yang besar. Misalnya, terjadinya gempa bumi atau banjir yang dahsyat dapat memicu cerita dan mitos yang berkaitan dengan dewa atau makhluk gaib yang di yakini dapat mengendalikan alam.

lukisan dewa dewi
Gambar oleh Angelika dari Pixabay

Dalam beberapa kasus, mitos juga dapat terbentuk dari pencampuran budaya dan kepercayaan yang berbeda. Hal ini dapat terjadi ketika suatu masyarakat memiliki budaya yang kompleks dan terdiri dari berbagai kelompok etnis dan agama yang berbeda.

Namun, mitos juga dapat terbentuk sebagai alat untuk mengontrol perilaku atau nilai-nilai sosial dalam masyarakat. Mitos seperti “berbuat baik akan selalu di balas dengan kebaikan” atau “jangan berbohong karena akan mendatangkan bencana” dapat menjadi pedoman bagi masyarakat dalam berperilaku.

Dalam era modern, mitos masih tetap bertahan dan bahkan berkembang pesat melalui media sosial dan internet. Mitos-mitos baru muncul dan menyebar dengan cepat, baik yang bersifat positif maupun negatif.

Dalam konteks ini, penting untuk senantiasa memeriksa kebenaran informasi sebelum menerima dan menyebarkan sebuah mitos. Dengan begitu, kita dapat menghindari munculnya kepercayaan yang salah dan bahkan dapat membantu mengatasi masalah yang mungkin muncul akibat kepercayaan tersebut.

Baca arikel mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi lainnya hanya di teka teki semesta