0

ES KRIM TANPA GRAVITASI: MENIKMATI KENIKMATAN MANIS DI LUAR ANGKASA

Gambar oleh StockSnap dari Pixabay

Es krim adalah makanan penutup yang paling populer di seluruh dunia. Rasanya yang manis dan dingin sangat menyegarkan di cuaca panas. Namun, pernahkah Anda berpikir bahwa es krim juga dapat di nikmati di luar angkasa?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kondisi di luar angkasa sangat berbeda dengan di bumi. Temperatur dapat mencapai suhu sangat rendah hingga minus 273 derajat Celsius atau lebih di kenal dengan istilah “nol mutlak”. Namun, NASA telah menemukan cara untuk membuat es krim dapat bertahan dan di nikmati di luar angkasa.

Gambar oleh David Mark dari Pixabay

NASA mengembangkan sebuah alat yang di sebut Zero-G Freezer, yang memungkinkan astronaut untuk menyimpan dan membekukan makanan, termasuk es krim. Alat ini menggunakan teknologi yang memanfaatkan gaya tarik gravitasi untuk membekukan bahan makanan tanpa adanya gravitasi yang mempengaruhi.

Pembuatan Es krim

Proses pembuatan es krim di ruang hampa sedikit berbeda dari proses di bumi. Bahan-bahan dasar es krim seperti susu, gula, dan krim di ubah menjadi campuran cair, yang kemudian di tempatkan di dalam wadah dan di masukkan ke dalam Zero-G Freezer. Alat ini bekerja dengan cara memindahkan panas dari campuran cair ke sirkuit pendingin, sehingga membuat es krim membeku.

Namun, konsistensi dan rasa es krim di ruang hampa berbeda dengan yang kita nikmati di bumi. Karena tidak ada gravitasi, es krim tidak memiliki struktur yang teratur dan lembut. Sebagai gantinya, es krim akan menjadi lebih padat dan kristal seperti. Selain itu, perubahan lingkungan luar angkasa juga mempengaruhi rasa dan aroma dari makanan ini.

Meskipun demikian, astronaut tetap menyukai makanan ini di luar angkasa karena rasanya yang tetap segar dan menyegarkan. Bahkan, di acara Thanksgiving di Stasiun Luar Angkasa Internasional, astronot Shane Kimbrough berhasil membuat es krim vanilla di luar angkasa.

Meskipun es krim di luar angkasa memiliki rasa dan tekstur yang berbeda, inovasi ini membuktikan bahwa manusia dapat menikmati makanan favorit mereka bahkan di ruang hampa. Siapa tahu, di masa depan, es krim di luar angkasa dapat menjadi menu yang biasa di nikmati oleh astronaut di ruang angkasa.