0

KENALAN DENGAN BEAVER

https://www.europeana.eu/en/exhibitions/the-beavers-journey

Beaver, atau yang dikenal dengan nama Castor canadensis, adalah hewan mamalia semi-akuatik yang sering ditemukan di Amerika Utara dan Eropa. Mereka memiliki peran penting dalam ekosistem karena kemampuan mereka membangun bendungan dan kolam yang membantu menjaga keberlangsungan hidup flora dan fauna di sekitarnya.

Beaver adalah hewan yang berukuran sedang, dengan panjang tubuh mencapai 1,2 meter dan berat mencapai 32 kilogram. Mereka memiliki dua gigi taring yang besar dan kuat yang terus tumbuh sepanjang hidup mereka. Gigi taring ini membantu beaver dalam memotong kayu dan membangun bendungan. Selain itu, mereka juga memiliki bulu halus dan kaki yang lebar dan berselaput, yang memungkinkan mereka untuk berenang dan menyelam dengan mudah. Ekornya yang dapat memiliki panjang hingga 30 cm dengan bentuk pipih dan bersisik.

Selain digunakan berenang, ekornya juga dipukul-pukulkan ke permukaan air untuk memperingatkan biwara lain akan adanya predator. Menurut laman Treehugger, beaver juga menggunakannya untuk menyangga tubuh saat berdiri di atas kedua kaki belakangnya. Selain itu, ekornya juga berguna untuk membawa material bendungan yang sekiranya terlalu berat untuk dibawa dengan mulut. beaver senang memakan kulit kayu,ranting,akar dan tumbuhan air seperti kayu dari pohon birch, poplar ,willow, aspen, mable, dan cherry

Beaver merupakan hewan semi-akuatik yang aktif pada malam hari dan biasanya hidup dalam kelompok atau keluarga yang terdiri dari pasangan induk dan anak-anak mereka. Mereka membangun bendungan dan kolam dengan cara memotong pohon dan membangun struktur dengan kayu, tanah, dan batu. Bendungan yang mereka bangun bertujuan untuk meningkatkan kedalaman air dan membentuk kolam yang dapat menjadi tempat tinggal mereka, serta menjadi tempat makanan dan perlindungan dari predator.

Salah satu manfaat besar dari bendungan beaver adalah kemampuannya dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Bendungan ini dapat menyaring air dan membentuk area yang subur untuk pertumbuhan tanaman air dan memberikan tempat bagi spesies air seperti ikan, kura-kura, dan kodok. Selain itu, kolam air yang dibuat oleh beaver juga dapat membantu mengatur banjir dan menambah kualitas air di sekitarnya.

Gambar oleh Jürgen Bierlein dari Pixabay

Namun, keberadaan beaver juga dapat menimbulkan masalah. Bendungan yang dibangun di atas sungai dapat menyebabkan banjir pada musim hujan, sehingga harus diawasi dan dikelola dengan baik. Selain itu, beaver juga dapat merusak tanaman dan hutan di sekitarnya jika populasi mereka tidak dikendalikan.

Di beberapa daerah, beaver dijadikan sumber pangan dan material bangunan oleh masyarakat setempat. Bulunya juga digunakan untuk membuat topi dan pakaian yang tahan air dan hangat.

Secara keseluruhan, beaver adalah hewan yang unik dan penting bagi keberlangsungan ekosistem di sekitar mereka. Meskipun mereka dapat menimbulkan masalah, keberadaannya dapat memberikan manfaat besar bagi alam dan manusia jika dikelola dengan baik.