0

KENALAN DENGAN BERANG BERANG

Gambar oleh Alan Frijns dari Pixabay

Berang berang atau otter kadang juga disebut sebagai musang air karena bentuk tubuhnya menyerupai musang namun hidup di area basah. Berang-berang memiliki nama ilmiah lutrinae dengan ciri fisik yang seperti musang. Sebagai binatang semi akuistik yang memiliki kemampuan untuk berenang, berang-berang mempunyai kaki yang berselaput. Umumnya berang-berang memiliki tubuh yang berukuran kecil dengan hidung dan telinga yang pendek.

Berang-berang memiliki tubuh yang panjang dan juga ekor yang panjang. Berang-berang memiliki bulu terpadat di antara hewan mana pun. Dicatat di laman Treehugger, ada berang-berang sungai yang bobotnya sampai 13 kilogram, tapi ada juga berang -berang laut yang bisa mencapai berat 45 kilogram.

Berang berang tersebar hampir diseluruh benua di dunia kecuali Australia dan Antartika. Ada sebanyak 13 spesies berang-berang, mulai dari berang-berang bercakar kecil hingga berang-berang raksasa .Empat spesies berang-berang terdapat di Indonesia, yaitu Lutra lutra, L. sumatrana, Aonyx cinereus, dan Lutrogale perspicillata. Di Indonesia berang-berang umumnya bisa ditemukan di daerah Pulau Sumatera, Jawa, dan Kalimantan. Habitat hidup berang-berang adalah kawasan basah yang mempunyai banyak air, khususnya aliran sungai dan juga pinggir pantai. Akan tetapi tidak jarang juga ada berang-berang yang hidup di sekitar rawa-rawa, hutan mangrove, hutan dataran rendah basah, danau, parit hingga areal persawahan.berang-berang hidup secara berkelompok dalam jumlah yang tidak terlalu besar, yaitu sekitar lima ekor dan terdiri atas seekor jantan, seekor betina, serta anak-anaknya.

Gambar oleh Linny dari Pixabay

Berang-berang mulai melakukan kegiatan di waktu pagi hari untuk mencari makan ataupun menjelajahi wilayah sekitarnya. Makanan yang dikonsumsi berang-berang adalah binatang air atau amfibi seperti ikan, udang, kepiting, kerang, katak, dan ular adalah makanan yang sering dikonsumsi oleh berang berang. Akan tetapi ketika ada binatang darat seperti kelinci, burung, tikus, dan serangga yang melintas di sekitar sarangnya. Berang-berang akan datang ke darat untuk melahirkan di sarangnya. Berbeda dengan berang-berang laut, mereka akan melahirkan di air.

Semua berang-berang adalah pemburu ahli yang memakan ikan, krustasea, dan makhluk lainnya. Berang-berang laut memiliki metode cerdik untuk membuka kerang. Berang-berang laut akan mengapung telentang, meletakkan batu di dadanya, lalu menghancurkan moluska di atasnya sampai pecah. Saat waktunya tidur siang, berang-berang laut menjerat diri mereka dengan rumput laut agar tidak hanyut. Mereka juga terkadang menjalin kaki dengan berang-berang laut lain, agar tetap bersama. National Geographic menyebut bahwa kotoran berang berang memiliki bau yang sangat khas, yaitu seperti aroma bunga violet Kotoran berang berang bahkan sampai punya sebutannya sendiri yaitu spraint karena keunikannya itu.