0

BENSIN ITU BERBEDA BEDA

Gambar oleh andreas160578 dari Pixabay

BBM atau Bahan Bakar Minyak adalah sumber daya alam tidak terbarukan yang terbuat buat dari minyak bumi yang diproses sehingga menghasilkan bensin dan bahan bakar lainya. Bensin adalah sumber daya alam yang sangat dibutuhkan manusia terutama sebagai bahan bakar untuk kendaraan bermotor baik roda dua, empat atau lebih. Bensin di Indonesia memiliki beberapa jenis yaitu pertamax, pertalite sampai premium dan lain sebagainya, lalu apa saja perbedaannya?

Bensin sendiri dibedakan dari nilai oktan atau Rated Octane Number (RON) yang terdiri dari beberapa senyawa kimia yaitu n-heptana atau dibaca normal heptana dan isooktana. Semakin banyak senyawa n-heptana maka kualitas dari bensin tersebut semakin rendah dan mesin lebih mudah untuk terjadi knocking. Knocking adalah masa dimana bensin mengalami pembakaran oleh tekanan bukan oleh busi.

Untuk menghindari terjadinya knocking sebaiknya menyesuaikan jenis bensin dan rasio kompresi dari kendaraan yang bisa dilihat di buku manual kendaraan. Dimana semakin tinggi rasio kompresi kendaraan maka harus menggunakan nilai oktan yang lebih tinggi pula karena semakin tinggi nilai oktan akan semakin sukar terbakar oleh tekanan. Jika kendaraan ber rasio kompresi tinggi diisi dengan bensin dengan nilai oktan yang rendah maka lebih mudah untuk terbakar oleh tekanan sebelum dibakar oleh busi atau disebut dengan knocking. Lalu berapa nilai oktan dari bensin yang ada di Indonesia? berikut adalah jenis jenis bensin yang ada di Indonesia beserta dengan nilai oktannya.

1.Pertamax Turbo

Pertamax Turbo dikembangkan dengan formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) dengan nilai oktan 98 yang cocok digunakan dengan kendaraan dengan rasio kompresi 11:1 atau lebih.

2.Pertamax

Pertamax memiliki nilai oktan 92 yang berstandar internasional dan direkomendasikan untuk kendaraan dengan rasio kompresi 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI)

3.Pertalite

Pertalite merupakan bensin yang memiliki nilai oktan 90 dan cocok untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi 9:1 sampai 10:1

4.Premium

Premium memiliki nilai oktan 88 yang cocok untuk kendaraan dengan rasio kompresi 7:1 sampai 9:1

Jadi, sebaiknya kita lebih bijak dalam memilih bahan bakar minyak yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan kita berupa rasio kompresi dan nilai oktan agar kendaraan kita menjadi tidak mudah rusak dikarenakan oleh bahan bakar yang tidak sesuai.